Wednesday, November 12, 2008

the power of first impression

Selagi menunggu antrian asistensi fotografi yang panjang saya dan teman kemudian memutuskan untuk turun beli cemilan gurih nan lezat. jamur goreng!.

Antrian mbak tukang jamur ternyata gak kalah panjang dengan antrian asistensi di kelas. memang benar selalu butuh perjuangan untuk memperoleh sesuatu :).

Sambil menunggu jamur dimasak teman saya memulai pembicaraan.


teman : eh lo tau ga sii (kata andalannya tiap memulai sesi curhat)

saya : apa apa apa (semangat)

teman : masa kemaren gue dikenalin sama cowo, tapi masi kelas 2 sma, kekanak-kanakan bgt deh

saya: oyah, knapa kekanak-kanakannya?

teman: iya masa kmaren pas gue lagi nyetir kan macet banget tuh terus dia bilang gini, "oh kalo macet tabrak-tabrakin aja mobil yang ada di depan ", apaan sih ga lucu banget deh

saya: hahaha tapi biasa aja ah

teman: gak ah, uda gitu dia jelek lagi

saya: oo pantes

saya: kalo yang ngomong kyak gitu cowo seumuran yang ganteng and tajir illfeel jg ga?

teman: hmmm(berfikir)

teman :engga sih hahaha

saya : hahaha


Seliweran percakapan saya tadi membuat saya berfikir. Terkadang hanya melalui penampilan, umur, bahkan pakaian yang dikenakan, tiap orang telah mendapat cap dirinya masing-masiing. Hal ini membentuk image yang langsung direkam oleh otak sebagai definisi dari orang yang baru ditemuinya. Bagi teman saya tadi image si cowo sma adalah kekanak-kanakan dan jelek.

Maka itu merubah image adalah hal yang sangat sulit , padahal image/kesan pertama terbentuk hanya dalam sepersekian detik. Sepersekian detik yang mengalahkan bulan bahkan tahun untuk menghapusnya.

Namun saya percaya perubahan itu selalu ada, dan pada kenyataannya orang selalu berubah, lebih baik ataupun lebih buruk. Beberapa tahun mendatang mungkin saja teman saya bertemu lagi dengan si bocah sma yang tanpa disangka-sangka telah menjadi pengusaha sukses, merawat wajah hingga tampan dan memiliki helikopter pribadi sehingga terhindar dari kemacetan Jakarta :).Saya kemudian membayangkan percakapan yang akan terjadi antara saya dan teman saya...

teman : eh lo tau ga sii

saya : apaa apaa

teman: tadi gw ketemu sama cowo sma yang dulu gw ceritainn..

saya: hah yang mana sih banyaak

teman: itu yang dulu gw ceritain pas kita beli jamur..

saya : hmm

teman : yang dulu gw bilang jelek. eh tapi sekarang gantengg.. tajir lagi

saya : hmm

teman: yang kekanak-kanakan itu yang jayusss

saya: mm

saya: oh! yang mau nabrak-nabrakin mobil?

teman: emmmmm!


9 comments:

Anonymous said...

hahahaahahaha..
sungguh berjuta drama dan kelebaian .
heh,,jgn berangan2 yg tidak mgkn!
wlaupun si ank SMA it ud kya dan ganteng..tetep aja sifat GJ nya akan terus melekat..
soo....akan tetap membuat ilfeel!!


_Her_

crunchies said...

siapa tau sil we never know hahaha

.wEnZ. said...

haha..itu lah kenyataannya,,ndru...manusia lebih suka mengira-ngira dan memberikan 'cap' buat orang laen..

anyway,,gw suka nihh ama syle nulis lo..!!hehe

crunchies said...

iya yah wen.. tapi kita juga manusia lo hehe :) gw akui sih gw juga haha..eh thanks anyway wen!

lydud said...

cie ila, bahasa ny
emang bener pada kenyataannya kita sebagai manusia pasti meliat orng dari kesan pertamanya
jadi ga salah klo ada kata JUST A book by it's Cover
hehehhe,..
palagi untuk seorang wanita pasti mau terlihat sempurna dari penampilann pertamanya

amelia suwito said...

haha...
embeer druuu
no matter ppl always say "gak kenal maka gak sayang"
tp mnurut gw,making them to be interested in knowing us juga penting
yaituuu,,from the first time they meet us..
coba,misalnya namanya si acong,,awal ketemu si ani,,ud bajunya lancay,rmbt acakkadut,selengeean gayanya,ngmgnya ga sopan lg..
gmn si ani mw kenal si acong lebih jauh..kalo dr awal ketemu aja uda A BIG NO..haha

Glorie said...

tp menurut gw tauw, mgkn temen lo itu ga salah memberi label kya gt ke cowo ABG anak sma.

mgkn bukan sekadar krn stereotip cowo sma tu childish or else, moreover lbih krn dr perilakunya emang tergambar JELAS dia emang begitu.. some people can easily read, you know. it simply make us do labelling on them (especially, talkin about poor shallow person, in this case, this boy)

anak abg somehow bisa dijadikan topik menarik jg tnyata. berkat kedunguan mereka. hehe..

bloggerina said...

kadang kadang bikin ku ilfeel, eh eh...

ay2 said...

wkwwk.. gebleg ah, ndruu..
pke ngkhayal tu cowo bakal pny helikopter pribadi n terhindar dr macet jkt..
kl ud jd pngusaha sukses ma pny helikopter pribadi mah, tinggalny d luar negri bo', mendingan.. ga d jkt lg..
imaginasi lo msti diperluas, ndru.. wkwkwkwk..
btw, bner kt lydia, bahasany keren.. hoho..